Metasmesta Hadirkan Teknologi AI, VR, dan Digital Twin di German-Indonesian AI Dialogue 2023

Jakarta, 13 Desember 2023 – Metasmesta baru saja meraih sukses besar dengan turut berpartisipasi menggelar pameran produk-produk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam sebuah acara bergengsi tingkat internasional di Jakarta. Acara ini merupakan dialog bilateral antara Indonesia dan Jerman terkait pengembangan dan regulasi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Acara berlansung pada Selasa, 12 Desember 2023 secara hibrida di Future City Hub, Jakarta serta daring. Peserta acara terdiri dari perwakilan Kementerian dan institusi terkait dari Indonesia dan Jerman, Kedubes Jerman untuk Indonesia, pelaku industri, akademisi, serta organisasi masyarakat sipil kedua negara.

German-Indonesian AI Dialogue 2023 ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia serta Kementerian Digital dan Transportasi (BMDV) Jerman. Turut hadir sebagai mitra penyelenggara adalah Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Metasmesta menampilkan beberapa teknologi unggulan mereka melalui sesi pameran yang diadakan usai acara dialog utama. Teknologi yang ditampilkan antara lain AI, virtual reality (VR), dan digital twin.

CEO & Founder Metasmesta Amiranto Adi Wibowo mengatakan bahwa keikutsertaan perusahaannya dalam acara ini merupakan langkah strategis untuk memperkenalkan produk digital immersif buatan Indonesia ke kancah global.

“Kami ingin memanfaatkan momentum dialog AI Indonesia-Jerman ini untuk menunjukkan potensi teknologi digital tanah air kepada delegasi internasional. Khususnya terkait penerapan AI, VR, dan digital twin yang sudah kami kembangkan beberapa tahun terakhir,” ujarnya.

Beberapa produk unggulan Metasmesta yang dipamerkan pada sesi gallery walk usai acara dialog antara lain:

  1. Voice AI Assistant Sebuah voice assistant AI dengan kemampuan speech recognition maju untuk mendukung aktivitas sehari-hari pengguna. Produk ini menggunakan neural network untuk memahami bahasa alami pengguna.
  2. VR App, Aplikasi VR untuk keperluan simulasi dan pelatihan dengan tampilan immersif dan interaktif. Pengguna bisa belajar seolah berada di dunia nyata berkat realisme 3D yang dihasilkan teknologi VR.
  3. Digital Twin Software Perangkat lunak digital twin yang bisa membuat replika digital dari objek, proses, atau sistem fisik dengan akurasi tinggi. Digital twin dari Metasmesta telah diimplementasikan untuk berbagai keperluan seperti perencanaan kota, manufactur, hingga pertambangan. Metasmesta bekerja sama dengan Cebirra dan Garuda Visi Nusantara untuk pengembangan teknologi ini.

Sementara itu, Menurut Rizki, Chief Marketing dan PR Metasmesta, antusiasme peserta acara dari pihak Indonesia dan Jerman cukup besar untuk berkunjung ke booth pameran Metasmesta. Mereka juga memberikan apresiasi dan tanggapan yang sangat positif terhadap inovasi teknologi buatan putra-putri terbaik Indonesia tersebut.

“Kami juga sempat berdiskusi dan bertukar pikiran dengan sejumlah peserta acara, baik dari Indonesia maupun Jerman. Mereka sangat tertarik dengan potensi pengembangan dan penerapan AI di Indonesia. Mereka juga mengharapkan adanya kolaborasi ke depannya,” tutur Rizki.

Untuk diketahui, German-Indonesian AI Dialogue 2023 merupakan acara dialog dan diskusi mengenai kebijakan serta potensi kerja sama pengembangan AI antara Indonesia dan Jerman. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masing-masing negara terkait pendekatan kebijakan AI serta mendorong kolaborasi bilateral di masa mendatang.

Dalam kesempatan dialog tersebut, perwakilan pemerintah Indonesia dan Jerman menyampaikan perkembangan terkini riset dan regulasi AI di masing-masing negara. Dengan berpartisipasi pada German-Indonesian AI Dialogue 2023 ini, Metasmesta berharap dapat menjalin kerja sama dengan berbagai institusi terkemuka di Indonesia maupun Jerman, baik dari kalangan akademisi, pemerintah, maupun industri.